Rekomendasi HP 2 Jutaan Terbaik

Lagi cari ponsel murah tapi dengan spek yang mantap? Cek rekomendasi hp 2 jutaan terbaru dari semua brand. Cocok dipakai untuk gaming, fotografi dan lainnya.

HP 2 jutaan menjadi incaran banyak konsumen karena harga tersebut dianggap masih wajar untuk sebuah smartphone.

Tidak terlalu mahal juga tidak murahan. Dengan harga segitu, Anda sudah bisa mendapatkan ponsel dengan spesifikasi dan kinerja yang cukup baik.

Saat ini di pasaran banyak sekali pilihan HP dengan harga 2 jutaan yang bisa kamu pilih. Jika bingung harus pilih yang mana, berikut adalah rekomendasi dari kami..

1. Redmi Note 8

Pilihan pertama untuk ponsel harga 2 jutaan jatuh pada brand Xiaomi yaitu Redmi Note 8 yang rilis pada tahun 2019.

Dengan harga yang cukup murah, spesifikasi yang ditawarkan pada ponsel ini sudah cukup bahkan melebihi ekspektasi.

Desain dan Layar

Kita bahas dari desainnya dulu. Bodi depan dan belakang pada smartphone ini sudah dilapisi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 yang mampu bertahan dari benturan.

Resolusinya layarnya 2340×1080 dengan rasio 19,5:9 berpanel IPS LCD.

Kamera

Kamera menjadi salah satu unggulan dari ponsel ini. Hadir dengan modul empat kamera yang memiliki resolusi 48MP + 8MP + 2MP + 2MP.

Xiaomi menggunakan sensor Samsung ISOCELL GM1 dengan teknologi Tetracell yang dapat menghasilkan jepretan berkualitas.

Saat kondisi cahaya bagus, kamera utamanya mampu menangkap objek dengan detail yang sangat bagus.

Akan tetapi jika berada di ruangan yang gelap, banyak sekali noise dan bayangan yang seharusnya tidak ada.

Untuk kamera makro sebesar 2MP, hasil foto cukup memuaskan meskipun tidak terlalu tajam. Warna dan detailnya juga tidak ada yang hilang.

Beralih ke kamera selfie. Xiaomi menggunakan sensor Omnivision OV13855 PureCell dengan besaran resolusi 13MP. Hasilnya cukup baik dengan detail dan warna yang natural.

Prosesor, RAM dan ROM

Redmi Note 8 menggunakan Chipset Snapdragon 665 dengan grafis Adreno 610. Chip tersebut mampu diajak untuk memainkan game-game populer yang ada di Play Store.

Sebut saja PUBG Mobile, LifeAfter, dan CoD Mobile. Meskipun tidak semua bisa di setting ke high, tetapi sudah cukup nyaman.

Redmi Note 8 hadir dengan tiga varian RAM yang bisa Anda pilih. Varian paling besar memiliki RAM 6GB dan ROM 128GB. Dua lagi yaitu 3GB+32Gb dan 4GB+64GB.

Baterai

Untuk menunjang aktivitas selama seharian, Redmi Note 8 sudah dibenamkan baterai berkapasitas 4000 mAh dengan dukungan fast charging 18w. Xiaomi mengklaim untuk mencapai 100% dari 0% hanya dibutuhkan waktu 2 jam saja.

Dalam pengujian yang dilakukan, baterai mampu bertahan selama 13 jam 20 menit untuk memutar video dengan kualitas FULL HD 1920×1080.

Kelebihan:

  • Performa kenceng.
  • Kamera utama, depan dan makro cukup baik.
  • Harga cukup terjangkau.
  • Baterai kapasitas besar dengan fast charging.
  • Layar sudah Gorilla Glass depan belakang.
  • Tahan percikan air.

Kekurangan:

  • Hasil kamera di kondisi gelap banyak noise.

2. Xiaomi Redmi Note 10

Xiaomi kembali menggebrak dunia ponsel dengan menghadirkan Xiaomi Redmi Note 10. Meskipun ditujukan untuk kelas menengah, spesifikasi yang ditawarkan sangat menarik.

Banyak sekali keunggulan yang ditawarkan dari ponsel ini. Salah satu yang paling diunggulkan adalah layar Super AMOLED yang mampu menampilkan layar super jernih.

Desain dan Layar

Pertama kali membuka, Anda pasti merasakan perbedaan desain dari ponsel Xiaomi lainnya. Misalnya dari sidik jari yang terletak di samping.

Begitu juga dengan kameranya yang dibungkus dengan bingkai menonjol. Sangat disarankan untuk memakai pelindung agar kameranya tidak mudah terbentur.

Bentang layarnya sendiri berdimensi 6,43 inci dengan resolusi FULL HD+ (2400×1080). Dibalut panel layar Super AMOLED dengan perlindungan kaca Corning Gorilla 3.

Menurut informasi dari website Xiaomi, rasio kontras layarnya sebesar 4.5000.000:1 dengan DCI-P3 yang akan menghasilkan warna jernih dan luas.

Kamera

Sepertinya resolusi 48MP memang sebuah keharusan untuk smartphone saat ini. Redmi Note 10 dibekali 4 buah kamera belakang.

48MP untuk kamera utama, 8MP untuk kamera wide angle, 2MP untuk makro dan 2MP sensor depth.

Sensornya sendiri menggunakan IM 582 dari Sony dengan teknologi Quad bayer. Teknologi ini akan menggabungkan 4 piksel secara bersamaan dan akan menghasilkan gambar dengan resolusi 12MP.

Seperti ponsel 2 jutaan pada umumnya, untuk hasil kamera di ruangan terbuka hasilnya cukup memuaskan dengan detail yang jelas.

Tetapi jika sumber cahayanya kurang, munculah noise-noise yang sangat mengganggu. Meskipun sudah menggunakan fitur Night Mode, masalah ini belum terselesaikan.

Kamera ultra wide sebesar 8MP memang hasilnya tidak sebagus utamanya, tetapi sudah cukup untuk dipakai foto bersama teman-teman atau keluarga saat momen-momen tertentu.

Untuk kebutuhan selfie, sudah ada kamera depan 13MP yang bisa diandalkan untuk sekedar kebutuhan posting di media sosial.

Prosesor, RAM dan ROM

Prosesor yang digunakan pada Redmi Note 10 merupakan chip terbaru dari Snapdragon yaitu Qualcomm® Snapdragon™ 678 Mobile yang sangat bisa diandalkan kinerjanya. Baik gaming, fotografi, streaming dan lainnya.

Prosesor tersebut bertandem dengan RAM 4Gb dan ROM 64GB yang masih bisa ditambah dengan MicroSD hingga 256GB.

Saat diuji coba untuk bermain game berat seperti PUBG dan Genshin Impact masih bisa menjalankan dengan frame rate 30fps dengan settingan paling rendah.

Baterai

Baterai jumbo berkapasitas 5000mAh dengan fast charging 33w akan memanjakan Anda ketika menggunakan ponsel ini. Jika dipakai untuk memutar video FULL HD secara terus menerus, bisa bertahan hingga 18 jam dari kondisi baterai penuh.

Berkat teknologi fast charging, untuk mengisi sampai penuh dibutuhkan waktu hanya 75 menit. Tentu ini akan dibutuhkan terutama untuk Anda yang kerjanya mobile.

Kelebihan:

  • Layar sudah Super AMOLED.
  • Kapasitas baterai besar dan pengisian cepat.
  • Kualitas kamera bagus di ruangan bercahaya.
  • Sertifikasi IP53.
  • Suara speaker mantap.

Kekurangan:

  • Kamera kurang maksimal di low light.
  • Tidak ada NFC.
  • Kurang maksimal untuk bermain game-game berat.

3. Samsung Galaxy M12

Tahun 2021, Samsung banyak mengeluarkan smartphone baru untuk kelas entry level. Salah satunya adalah Samsung Galaxy M12 yang dibanderol dengan harga 2 jutaan saja.

HP Samsung murah ini hadir dengan berbagai spesifikasi dan fitur-fitur menarik yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh seri menengah ke atas dan flagship.

Desain dan Layar

Bodi dari Samsung Galaxy M12 menggunakan bahan plastik dengan pola bergaris. Pola tersebut dibikin melengkung yang membuat nyaman saat digenggam.

Beratnya sekitar 212 gram dengan dimensi 164 x 75.9 x 9.7 mm. Cukup ringan untuk ukuran layarnya yang cukup besar, yaitu 6,5 inci.

Ketika habis dipegang, bekas sidik jari nampak tak terlihat di permukaan bodinya apalagi jika Anda memilih warna hitam. Galaxy M12 sendiri memiliki tiga varian warna, yaitu hitam, biru dan hijau.

Pada bagian layarnya masih menggunakan HD+ 720 x 1600 piksel dengan panel PLS IPS. Meskipun masih HD+, kualitas warna yang ditampilkan tetap cerah dan enak di mata.

Selain itu, berkat refresh rate sebesar 90Hz menjadikan lebih smooth ketika melakukan scroll. Refresh rate ini juga dibuat adaptive terhadap konten yang sedang ditampilkan, sehingga bisa menghemat konsumsi daya.

Layarnya mengusung desain Infinity-V display di mana ditengahnya terdapat kamera selfie. Bezel di setiap sisi juga cukup tipis sehingga layar terlihat lebih luas.

Kamera

Setup kamera Samsung Galaxy M12 menggunakan empat kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 48MP, 5MP, 2MP dan 2 MP.

48MP adalah kamera utama yang dilengkapi dengan fitur Pixel-Binning 4-in-1 yang akan menghasilkan jepretan 12MP berkualitas tinggi.

Untuk hasil foto sudah oke terutama di kondisi banyak cahaya. Warna yang dihasilkan terlihat natural dan detail. Selain itu, berkat adanya sensor PDAF membuat fokus pada objek menjadi lebih cepat.

5MP merupakan kamera ultra wide yang bisa dipakai untuk mengambil objek lebih lebar. Tentu kualitasnya tidak sebaik kamera utama, tetapi sudah sangat cukup dengan melihat besaran megapikselnya.

Sedangkan 2MP lainnya merupakan kamera makro untuk mengambil foto jarak dekat dan kamera depth untuk mengambil foto potrait.

Untuk kamera depan yang beresolusi 8MP f/2.2 sudah cukup baik ketika dipakai untuk foto maupun video.

Prosesor, RAM dan ROM

Samsung Galaxy M12 menggunakan prosesor mereka sendiri, yaitu Exynos 850 8nm. Chipset ini memiliki 8 inti dengan kecepatan clock mencapai 2GHz.

Terdapat dua varian yang diluncurkan, yaitu RAM 3/32GB dan 4/64GB. Untuk penggunaan sehari-hari, smartphone ini cukup bisa diandalkan.

Akan tetapi, ada sedikit lag dan shutter ketika membuka banyak aplikasi sekaligus.

Baterai

Samsung Galaxy M12 bisa dibilang ponsel irit daya. Selain penggunaan prosesor dan antar muka One UI yang merupakan bikinan Samsung sendiri, baterainya juga sudah sangat besar yaitu 5000mAh.

Samsung seri M memang terkenal akan ketahanan daya baterainya. Untuk M12 sendiri bisa mencapai satu hari penggunaan normal.

Baterainya sudah didukung dengan fast charging 15 watt. Untuk mengisi sampai benar-benar full, dibutuhkan sekitar 2,5 jam.

Kelebihan:

  • Kualitas kamera utama bagus.
  • Baterai tahan lama.
  • Refresh rate layar sudah 90Hz.

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur night mode untuk foto malam hari.
  • Agak patah-patah ketika dipakai buat buka banyak aplikasi.

Demikianlah rekomendasi HP 2 jutaan untuk Anda yang sedang mengincar smartphone baru. Manakah yang menjadi pilihan Anda?

Tinggalkan komentar