Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC dan Laptop

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan paling populer di dunia saat ini. Hingga artikel ini ditulis, aplikasi ini memiliki total pengguna sebanyak 1,6 miliar orang.

Aplikasi yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 ini, sejatinya merupakan aplikasi untuk Android dan iOS. Namun, pada Januari 2015, pengembang aplikasi ini merilis WhatsApp Web. Fitur yang memudahkan kamu mengakses aplikasi pesan instan ini di PC maupun Laptop.

WhatsApp Web memiliki fungsi dan fitur esensial seperti yang terdapat pada aplikasi WhatsApp di Smartphone kamu, melalui WA Web kamu dapat berkirim pesan, gambar, dokumen, audio, video, berbagi kontak maupun lokasi. 

Terdapat dua cara menggunakan WhatsApp Web yang dapat kamu pilih. Yang pertama, kamu dapat men-download aplikasi WhatsApp Desktop yang saat ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows dan MacOS.

Pilihan kedua adalah menggunakan Whatsapp Web Service, untuk pilihan kedua ini kamu hanya perlu mengakses web service ini menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Cara menggunakan WA Web juga sangat mudah, kamu hanya perlu melakukan pengaturan yang singkat dan akan kami tunjukan melalui artikel ini. Oleh karena itu, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop dan Tablet

1. Akses WhatsApp Web

Hal pertama yang harus kamu pastikan untuk dapat menggunakan layanan WhatsApp Web adalah kamu harus memiliki aplikasi WhatsApp pada smartphone kamu.

Kemudian, terdapat dua cara untuk mengakses WhatsApp Web, cara pertama adalah dengan menginstall aplikasi WhatsApp Desktop yang tersedia untuk sistem operasi Windows dan MacOS. Untuk itu, silahkan terlebih dahulu mengunduh aplikasi WhatsApp Desktop melalui tautan ini.

Sedangkan untuk cara kedua, kamu hanya perlu mengakses web https://web.whatsapp.com melalui browser di komputer atau laptop kamu. Saat ini, layanan web service milik WhatsApp ini hanya kompatibel bila diakses melalui Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera dan atau Safari.

Baik mengakses menggunakan aplikasi desktop ataupun web service kamu akan mendapati tampilan seperti gambar di bawah ini.

2. Login WhatsApp Web

Langkah selanjutnya adalah login WhatsApp Web dengan melakukan scanning barcode yang ada di website maupun di aplikasi Whatsapp Desktop.

Baik kamu menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop maupun menggunakan WhatsApp Web Service, cara login untuk menggunakan layanan ini tidak memiliki perbedaan.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp pada smartphone kamu, kemudian klik Tiga Titik pada bagian kanan atas dan klik tombol WhatsApp Web.

Smartphone kamu akan mengaktifkan kamera belakang yang digunakan untuk scanning barcode yang ada di aplikasi WhatsApp Desktop atau Web Service. Kamu hanya perlu menempatkan barcode yang terdapat di layar komputer tepat ditengah kamera smartphone kamu.

Catatan: Saat menggunakan WA Web, smartphone kamu harus terus terhubung dengan jaringan internet dan juga kamu tidak boleh mengakses aplikasi WhatsApp. Hal ini dikarenakan, WhatsApp hanya diizinkan untuk diakses pada satu perangkat saja.

3. Mengirimkan Pesan Teks

Setelah kamu scan barcode di WA Web, kamu akan dibawah ke laman yang telah ter-sinkron dengan smartphone kamu. Kamu akan mendapati kontak dan pesan-pesan terbaru di seperti halnya di smartphone kamu.

Kamu dapat mengirimkan pesan dengan meng-klik kontak pada daftar history chat yang berada di sebelah kiri layar. Jika kontak yang kamu cari pada sisi kiri layar, maka kamu dapat menggunakan fitur Search pada bagian atas history chat.

Setelah meng-klik kontak WhatsApp kamu, kamu akan melihat history chat pada sebelah kanan layar komputer kamu. Untuk mengirimkan pesan kamu hanya perlu mengetikkannya pada Text Box yang berada di bagian bawah dan menekan enter jika ingin mengirimkannya. 

Jika kamu mengarahkan mouse pada chat yang dikirimkan kontak kamu, kamu dapat mengakses fitur Forward, Reply hingga Menghapus pesan tersebut.

Kamu tetap dapat mengakses fitur emoji, GIF dan stiker WA dengan cara mengklik tombol berbentuk Emoji pada bagian kiri text box. Selain itu, kamu juga dapat mengirimkan pesan suara dengan mengklik ikon Microphone pada sisi kanan text box.

4. Mengirimkan File

WhatsApp Web juga memungkinkan kamu untuk mengirimkan beragam jenis file untuk menunjukan pekerjaan kamu.

Untuk melakukannya kamu hanya perlu mengklik ikon Paperclip yang berada pada bagian kanan atas pada jendela chat, dan kamu dapat memilih jenis file yang ingin dikirimkan.

Ikon Photos & Video memungkinkan kamu mengirimkan file foto maupun video yang berada di hardisk komputer kamu, namun juga kamu tetap dapat menggunakan tombol kamera untuk mengambil gambar melalui webcam. 

Selain itu, kamu juga dapat mengirimkan beragam jenis dokumen untuk kepentingan pekerjaan maupun bisnis hingga dapat mengirimkan kontak telepon menggunakan fitur ini.

5. Logout WhatsApp Web

Jika kamu telah selesai beraktifitas menggunakan WA Web, ada baiknya untuk Logout dari WhatsApp Web agar orang lain tidak dapat mengakses history chat kamu. Terlebih jika kamu menggunakan komputer kantor yang dapat diakses banyak orang.

Untuk logout dari WhatsApp Web, kamu harus membuka aplikasi WhatsApp di Smartphone kamu kemudian klik ikon Tiga Titik di bagian kanan atas. Kemudian klik WhatsApp Web dan pada bagian Logged in Devices klik Log out From All Devices.

Baca Juga:
Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp
Cara Membuat Link WhatsApp

Demikian tutorial cara menggunakan WhatsApp Web yang bisa kamu gunakan di PC, Laptop maupun Tablet. Sekarang kamu bisa mengirimkan dan menerima pesan langsung di komputer tanpa harus bolak-balik mengecek smartphone kamu.

Bagikan pengalaman kalian dalam mengikuti panduan yang kami berikan dalam artikel ini, dan juga bagikan melalui sosial media kamu agar semakin banyak orang yang tau cara menggunakan WA Web.

Tinggalkan komentar