Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 10

Ingin melindungi PC atau Laptop Windows kamu dari Virus & Malware? Klik di sini! Kami berikan 2 Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 10.

Windows Defender adalah sistem perlindungan yang disediakan oleh Windows 10. Windows Defender akan memberikan perlindungan pada PC atau laptop kamu dari ancaman malware seperti virus, spyware atau ancaman software ilegal lainnya.

Malware dapat menyusup pada komputer dengan berbagai cara, seperti: mengklik email spam, saat menggunakan jaringan internet publik atau saat kamu meng-install aplikasi melalui Flashdisk atau media drive lainnya. 

Melihat ancaman malware yang dapat menyusup dan merusak sistem operasi komputer kamu, maka peran Windows Defender sangat diperlukan. Sistem perlindungan dalam bentuk antivirus ini dapat melindungi komputer dengan dua cara, yakni:

  • Memberikan perlindungan sistem secara real time. Windows Defender akan mengirimkan peringatan bila software yang kamu install mengandung malware.
  • Memberikan opsi scanning, Windows Defender secara otomatis mengaktifkan fitur scanning terhadap komputer kamu, namun kamu juga dapat mengaturnya secara manual. Windows Defender akan secara otomatis menghapus malware. 

Melihat keuntungan yang ditawarkan oleh Windows Defender, maka ada baiknya kamu mengaktifkannya pada komputer kamu. Jika kamu sebelumnya mematikan fitur Windows Defender karena alasan tertentu, dalam artikel ini kami akan memberikan kamu panduan cara mengaktifkan Windows Defender pada Windows 10 kembali. 

Simak artikelnya berikut ini:

Cara MengaktifkanWindows Defender Menggunakan Settings

Kamu dapat mengaktifkan Windows Defender melalui lama Settings, untuk langkah-langkahnya simak penjelasannya di bawah ini.

  • Buka Start Menu dan klik ikon berbentuk Gear (settings), atau kamu juga bisa menekan tombol Win + I pada keyboard kamu. 
  • Setelah laman Settings terbuka, klik Update & Security.
  • Kemudian pilih Windows Defender atau Windows Security.
  • Pilih Virus & threat protection. Maka jendela Windows Security akan terbuka.
  • Scroll ke bawah lalu klik Manage settings di bawah Virus & threat protection settings.
  • Kemudian, pada bagian Real-Time Protection klik toggle ON untuk mengaktifkan Windows Defender.

Mengaktifkan Real-Time Protection maka kamu telah mengaktifkan Windows Defender di PC atau Laptop kamu, sistem perlindungan ini akan mencegah serangan malware baik ketika kamu online ataupun offline. 

Cara Mengaktifkan Windows Defender Menggunakan Group Policy

Cara mengaktifkan Windows Defender yang kedua adalah melalui laman Group Policy Editor. Namun, penting diketahui bahwa fitur ini hanya tersedia untuk Windows 10 Pro dan Enterprise saja. Sehingga, bagi kamu yang menggunakan versi Home Edition sebaiknya menggunakan langkah pertama dalam tutorial ini. 

Sebelum memulai mengaktitkan Windows Defender menggunakan Group Policy Editor, ada baiknya kamu terlebih dahulu mengaktifkan fitur Tamper Protection.

Tamper Protection adalah fitur yang didesign untuk melindungi Windows Security dari percobaan perubahan yang dapat disebabkan oleh serangan malware. 

Untuk mengaktifkan Tamper Protection, ikut langkah-langkah berikut ini. 

  • Buka Start Menu.
  • Pada Search Bar ketikkan Windows Security dan double klik pada Windows Security.
  • Klik pada bagian Virus & Threat Protection, lalu klik Manage Settings.
  • Scroll ke bawah lalu klik ON pada bagian Tamper Protection.

Setelah mengaktifkan Tamper Protection, kamu dapat memulai langkah mengaktifkan Windows Defender mernggunakan Group Policy di bawah ini:

  • Tekan tombol Win + R pada keyboard kamu dan ketik gpedit.msc, kemudian klik OK
  • Setelah laman Local Group Policy Editor tampil, lalu double klik Computer Configuration di jendela Group Policy tersebut.
  • Lalu double klik Administrative Templates.
  • Lalu double klik Windows Components.
  • Selanjutnya pilih Windows Defender Antivirus, jika tidak ada opsi ini berarti Windows 10 anda adalah versi terbaru. Pada Windows 10 versi terbaru opsi ini berganti nama menjadi Microsoft Defender Antivirus. Jadi silahkan buka Microsoft Defender Antivirus.
  • Pada sisi kanan layar kamu, double klik pada Turn Off Windows Defender Antivirus atau Turn off Microsoft Defender Antivirus maka jendela konfigurasi akan tampil.
  • Setelah terbuka, pilih opsi Not Configured untuk mengaktifkan Real-Time Protection, jika sudah klik OK.

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah diatas, Windows Defender akan aktif setelah kalian melakukan restart. 

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengaktifkan Windows Defender yang kamu terapkan di PC atau Laptop kamu. Ajukan pertanyaan di kolom komentar jika kamu mengalami kesulitan dalam menerapkan langkah-langkah di atas.

Apa itu Pseudocode?

Kamu baru mendengar istilah pseudocode? Kami memiliki jawabannya, seputar definisi apa itu pseudocode, cara penulisan, hingga contoh-contohnya.

Selengkapnya

Apa itu Prototype?

Kamu baru mengenal prototype? Yuk, kenali lebih jauh disini, mulai dari definisi, fungsi, tahapan pembuatannya, jenis prototype, dan penerapannya.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar