7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula
Internet

7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Seiring perkembangan zaman, cara berfikir masyarakat pun juga ikut berkembang. Dan salah satu yang cukup signifikan perubahannya adalah perihal pekerjaan.

20 tahun yang lalu, mungkin tidak ada yang membayangkan bahwa akan ada cara mendapatkan uang dari internet. Di bayangan orang tua atau lebih-lebih kakek-nenek kita, cara menghasilkan uang ya hanya dengan bekerja (diluar rumah). Seperti misalnya menjadi PNS atau bekerja di perusahaan swasta.

Tapi kini kehadiran internet merubah segalanya.

Di era yang serba digital seperti sekarang bekerja menggunakan internet menjadi hal lumrah, bahkan banyak perusahaan yang saat ini juga menerapkan sistem kerja remote atau jarak jauh.

Saya pribadi merasa beruntung karena saya sudah belajar perihal bisnis online ini semenjak 9 atau 10 tahun yang lalu, lebih tepatnya tahun 2011 dan memulainya dengan cara belajar SEO.

Sejak periode 2011 hingga 2020 ini, saya sudah menjalankan berbagai macam jenis bisnis di internet, mulai dari hal sederhana seperti misalnya blogging, affiliate marketer (Amazon), berjualan di marketplace, menyediakan jasa dan banyak hal lainnya.

Berbekal hal tersebut, saya ingin membagikan sedikit pengetahuan dan pengalaman saya terkait dunia bisnis online. Tujuan saya sangatlah sederhana, yakni memberikan daftar rekomendasi yang bisa digunakan sebagai pemahaman dasar dalam mendapatkan uang dari internet.

Sudah siap? Ayo mari lanjutkan membaca!

7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

1. Menjadi Blogger

Bagi kamu yang suka menulis, menjadi seorang blogger bisa menjadi pilihan yang cukup menarik. Selain bisa menyalurkan hobi menulis kamu, kamu juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Pertanyaannya: Dari mana seorang blogger mendapatkan uang?

Ada banyak cara tentunya, saya akan coba berikan beberapa gambaran sederhana.

  • Menjadi Publisher Google AdSense: Di era sekarang ini, mungkin Anda sering mendengar kata AdSense dari para content creator di Youtube. Namun perlu diketahui bahwa AdSense bahkan jauh lebih dulu populer di kalangan para blogger. Dan tak jarang para blogger bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta setiap bulannya dari ngeblog.
  • Menjadi Selebritis: Kamu tentu mengenal Raditya Dika. Seorang penulis buku, sutradara film, stand-up comedian dan profesi lainnya. Tapi mungkin yang kamu tidak tahu adalah pintu pembuka Raditya Dhika menuju dunia keartisan adalah dari ngeblog. Dari seorang blogger, berkembang menjadi penulis buku, hingga penulis naskah film.
  • Endorse: Jangan dikira endorsement hanya berlaku di dunia Instagram, Youtube atau platform sejenis. Di dunia blogger, kami juga ada namun lebih mengenal dengan sebutan content placement.
  • Dan masih banyak peluang lagi menghasilkan uang dari internet dengan cara menulis di blog.

2. Menjadi Content Creator

Rasa-rasanya saya tidak perlu menjelaskan banyak hal mengenai Youtube. Karena sudah menjadi sebuah rahasia umum jika Youtube bisa menghasilkan uang dari iklan AdSense.

Tapi tak hanya dari AdSense, jika kita amati dengan seksama para content creator atau Youtuber pada akhirnya banyak yang terjun ke dunia bisnis dengan cara memanfaatkan ketenarannya. Misalnya saja dengan cara berjualan merchandise (kaos dan sebagainya).

Belum lagi mereka juga banyak yang menyediakan jasa endorse produk melalui video yang mereka upload di Youtube.

3. Berjualan Online

Cara berikutnya adalah dengan berjualan online. Banyak platform gratis yang bisa kita gunakan untuk berjualan, mulai dari media sosial hingga marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.

Dan uniknya lagi ada beberapa cara berjualan online tanpa modal. Salah satu caranya adalah Anda menjadi dropshipper dari para pemilik produk yang membuka sistem dropshipping. Secara garis besar, seorang dropshipper bisa dikatakan sebagai makelar (online). Sistem berjualan secara dropshipp membuat kamu bisa memulai berjualan tanpa harus memikirkan stock produk.

4. Menyediakan Jasa

Punya skill di bidang tertentu? Manfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan uang.

Misalnya saja kamu bisa desain grafis, kamu bisa manfaatkan kemampuan kamu untuk menyediakan jasa membuat logo.

Lantas, bagaimana cara agar jasa kamu bisa dikenal orang?

  • Promosikan ke situs-situs seperti freelancer.co.id, sribulancer.com dan sejenisnya.
  • Promosikan ke media sosial kamu
  • Promosikan melalui website pribadi kamu (buat jika memang sekiranya belum punya)

5. Menjadi Trader

Dahulu orang mungkin hanya mengenal trading forex, tapi saat ini dunia trading semaking berkembang, salah satunya trading cryptocurrency (Bitcoin dan sejenisnya).

Jika kamu seseorang yang cukup suka menganalisa, dunia trading ini menjadi sesuatu yang cocok untuk kamu.

6. Affiliate Marketer

Secara garis besar, affiliate marketer memiliki sistem kerja yang serupa dengan berjualan. Mirip dengan dropshipper, affiliate marketer ini seperti seorang makelar (online).

Lantas apa perbedaannya?

Perbedaannya terletak dari sistem dan pola yang digunakan. Salah satu perbedaan mencolok terletak pada upah yang di dapat. Seorang dropshipper umumnya harus menaikkan harga barang yang dijual untuk bisa mendapatkan laba, sementara seorang affiliate marketer tidak perlu melakukan hal tersebut. Affiliate marketer umumnya akan mendapatkan sekian persen (umumnya antara 5-10%) dari harga barang yang dijual.

7. Jual Stok Foto

Suka dunia fotografi? Foto-foto hasil jepretan kamera kamu bisa jadi sumber uang.

Untuk bisa mendapatkan uang dengan cara ini cukup mudah, kamu hanya cukup mengunggah foto hasil jepretan kamu ke situs semacam shutterstock.com.

Namun pastikan bahwa foto-foto kamu cukup menarik dan layak dibeli orang seseorang yang membutuhkan.

Nah, itu dia kurang lebih ada 7 cara mendapatkan uang dari internet. Sebenarnya ada banyak sekali cara jika kamu mau berfikir kreatif dan inovatif. Karena memang dunia bisnis online menuntut seseorang untuk berfikir kreatif dan inovatif untuk bisa survive.

Mau diskusi atau bertanya mengenai hal-hal diatas? Jangan sungkan mengirim pertanyaan kamu melalui kolom komentar di bawah.

Airul

Digital Marketing Enthusiast. Pribadi yang selalu berusaha berfikir positif, kreatif dan inovatif.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *