Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Word

Bingung cara menampilkan Ruler di Microsoft Word? Berikut kami berikan tutorial cara menampilkan Ruler di Microsoft Word dengan mudah.

Microsoft Word memiliki beragam fungsi dan fitur yang sangat lengkap dan mumpuni. Anda juga mungkin sudah sering menggunakan Microsoft Word untuk berbagai keperluan penulisan dokumen, baik untuk urusan pekerjaan maupun untuk urusan sekolah.

Salah satu fitur yang terdapat di Microsoft Word adalah Ruler atau penggaris. Adanya fitur Ruler tentu saja sangat membantu para pengguna untuk mengatur jarak paragraf, jarak tab atau jarak kolom pada tabel. Namun, secara default fitur ruler sebenarnya tidak langsung aktif.

Lalu, bagaimana cara menampilkan Ruler di Microsoft Word?

Sebenarnya cara menampilkan Ruler di Microsoft Word sangatlah mudah dilakukan. Pada Microsoft Word, fitur Ruler (penggaris) ditampilkan dalam dua jenis, yaitu penggaris horizontal dan penggaris vertikal. Penggaris horizontal berada di bagian atas halaman kerja, sementara penggaris vertikal berada di bagian kiri halaman kerja.

Beberapa PC/Laptop biasanya akan memunculkan fitur ini secara otomatis. Namun, jika PC/Laptop Anda tidak memunculkan fitur Ruler, maka Anda bisa menampilkannya melalui cara berikut ini.

Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Word Dengan Mudah

Dalam tutorial kali ini, kami menggunakan Microsoft Word 2010. Namun, pada dasarnya cara yang kami berikan di bawah ini juga dapat Anda terapkan pada Microsoft Word versi 2007, 2013, maupun 2016.

Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Microsoft Word.
  • Jika sudah, kemudian klik tab View dan pastikan Anda juga klik pada Print Layout.
  • Langkah selanjutnya, klik checkbox pada bagian Ruler yang terletak pada satu kolom yang sama dengan Gridlines dan Navigation Pain.
  • Ruler akan muncul secara horizontal pada bagian atas lembar kerja Word Anda dan juga secara vertikal pada sebelah kiri.
  • Dengan fitur Ruler, Anda juga dapat mengatur tabs dan margins secara manual dengan cara menarik toggle pada sisi kiri dan kanan Ruler.

Cara Mengubah Satuan Ukuran Ruler

Secara default, Ruler menggunakan satuan ukuran inci. Namun, Anda juga dapat mengubahnya menjadi centimeter, milimeter, point maupun pilihan yang lainnya.

Berikut caranya:

  • Untuk mengubahnya, tab File kemudian klik Option.
  • Pada bagian jendela pengaturan, klik Advanced dan scroll ke bawah ke bagian Display.
  • Perhatikan pada opsi Show Measurements in Units Of, ubah Inches menjadi satuan ukuran lainnya yang kamu inginkan.
  • Dalam tutorial ini, kami memilih opsi centimeters.
  • Langkah terakhir klik OK, maka Ruler akan menggunakan satuan ukuran centimeters.

Demikian tutorial cara menampilkan Ruler di Microsoft Word, semoga tutorial yang kami berikan dapat membantu Anda dalam menguasai fitur-fitur yang terdapat di Microsoft Word.

Cara Login WIFI ID

Bingung cara akses @Wifi.ID? Klik di sini! Kami akan tunjukan Cara Login WIFI ID di Perangkat Laptop dan Smartphone.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar