Cara Membuat Link WhatsApp

Ingin menambahkan Link WA toko online kamu? Klik di sini! Kami berikan panduan Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Menuju Chat.

Aplikasi WhatsApp memiliki fitur Click to Chat yang memudahkan kamu untuk melakukan chat pribadi hanya dengan mengakses link WhatsApp, tanpa harus menyimpan nomor telepon terlebih dahulu. 

Selama kamu mengetahui nomor WhatsApp orang tersebut dan masih aktif, maka kamu dapat membuat link WA untuk langsung menuju chat pribadi dengannya. 

Dengan meng-klik link tersebut, sebuah chat akan terbuka secara otomatis melalui aplikasi ataupun WhatsApp Web.

Selain untuk urusan personal, fitur link WhatsApp juga banyak digunakan oleh pemilik bisnis online untuk memudahkan interaksi mereka dengan calon pelanggan. Umumnya mereka meletakkan link WhatsApp di bio Instagram, Facebook, website hingga Youtube. 

Dalam artikel ini, kami akan memberikan kamu panduan cara membuat link WhatsApp dengan mudah. Simak artikelnya di bawah ini.

Untuk membuat link WhatsApp kamu hanya perlu menggunakan format https://wa.me/<nomor telepon>. Kamu harus mengisi nomor telepon dengan format internasional, yakni diawali dengan kode negara.

Hilangkan angka nol setelah kode negara, hindari penggunaan tanda kurung serta strip dalam format link WhatsApp kamu. 

Contoh:

https://wa.me/6289515476458

Link WA yang kamu buat di atas adalah link untuk menuju langsung ke chat WhatsApp saja. Kamu dapat menambahkan format teks agar ketika orang lain mengakses link WA kamu mereka secara otomatis akan muncul format teks pada jendela chat.

Jika kamu ingin menggunakan format teks dalam link WhatsApp kamu, maka format yang digunakan adalah https://wa.me/<nomor telepon>?text=<tekskodeurl>, dimana format nomor telepon yang sama dengan panduan membuat link WhatsApp di atas dan <tekskodeurl> adalah format pesan yang menggunakan url encode.

Url encode digunakan untuk menggantikan karakter-karakter yang tidak bisa digunakan dalam sebuah url. Dalam kaitannya dalam link WhatsApp, terdapat dua format yang umum digunakan, yakni %20 untuk menggantikan spasi dan %0A untuk menggantikan enter.

Semisal kamu ingin membuat format teks seperti di bawah ini:

Halo Piwiq, saya tertarik dengan produk yang ditawarkan, apa bisa dibantu? 

maka format link WhatsApp yang kamu gunakan adalah sebagai berikut:

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6289515476458&text=Halo+Piwiq%2C+saya+tertarik+dengan+produk+yang+ditawarkan%2C+apa+bisa+dibantu%3F+&app_absent=0

Maka, ketika ada orang yang melakukan klik pada link WA kamu mereka memiliki format pesan secara otomatis. Seperti yang bisa kamu lihat pada contoh di bawah ini.

Setelah itu, kamu hanya perlu meletakkan link WhatsApp ini di bio Instagram, Facebook, Website atau Youtube agar memudahkan orang lain menghubungi kamu terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Rekomendasi Artikel:

Cara Membuat Stiker WA Sendiri
Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp
Cara Menggunakan WhatsApp Web

Demikian tutorial cara membuat link WhatsApp langsung menuju chat, cukup mudah bukan? bagikan pengalaman kamu dalam membuat link WA sendiri melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar