Cara kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Kesal dengan ukuran foto yang terlalu besar? Berikut cara kompres foto secara online di PC/Laptop dan di HP yang bisa kalian coba.

Pasti setiap orang ingin selalu menyimpan moment bahagianya dalam bentuk foto dan gambar. Namun terkadang foto yang ada dalam HP maupun laptop kita ukurannya terlalu besar, sehingga storage gadget kita tidak memenuhi.

Nah kalian pasti bingungkan gimana, mau dihapus kok sayang foto-foto bagus dulu, tapi kalau disimpan terus memori HP gak cukup buat menyimpan semua foto tersebut.

Jangan khawatir, kita tahu solusinya.

Kalian bisa kompres semua foto yang bagus tersebut sehingga tidak menjadikan beban buat memori gadget kalian. Foto masih tersimpan, dan masalah terselesaikan. Menariknya, kompres foto ini tanpa mengurangi kualitas gambar kalian.

Mau tau tutorial dan penjelasannya? Simak sampai tuntas artikel berikut ini

Cara Kompres Foto Online

Cara kompres foto menggunakan online memang bisa terbilang cara kompres foto yang paling mudah. Kita hanya membutuhkan koneksi internet untuk bisa mengkompres foto atau gambar yang kita inginkan.

Enaknya lagi, kompres foto dengan cara ini bisa digunakan dengan Hp maupun PC.

Kalian bisa kunjungi link https://imagecompressor.com/id/ untuk mengkompres gambar kalian. Caranya kalian tinggal upload dari laptop atau Hp kalian di menu tampilan halaman tersebut, lalu tunggu beberapa detik setelah mengupload foto, dan foto telah terkompres.

Di sana kalian bisa upload dan mengkompres foto berjumlah 20 sekaligus. Dan jika kalian belum puas dengan ukuran foto yang telah terkompres, kalian bisa pilih level kompresinya sesuai keinginan.

Setelah proses kompresinya selesai, kalian akan ditunjukkan 2 gambar before-after dari foto yang kalian upload. Kalian juga bisa langsung download foto yang telah dikompres.

Langkah 1 : Buka https://imagecompressor.com/id/

Langkah 2 : Upload foto

Langkah 3 : Tunggu dan lihat hasilnya lalu download gambar kompresinya

Hasil kompresinya

Cara Kompres Foto di PC Windows

Cara yang kedua ini cocok buat kalian yang bekerja di depan laptop tapi tidak ada koneksi internet. Dan juga kalian tidak perlu mengunduh aplikasi apapun untuk mengecilkan ukuran fotonya, karena disini kita akan menggunakan aplikasi bawaan windows.

Kalian bisa menggunakan paint sebagai resize foto kalian. Langkahnya seperti berikut.

Langkah 1 : Buka aplikasi paint

Langkah 2 : Pilih gambar yang ingin di resize

.

Langkah  3 : Pilih fitur Resize.

Langkah 4 : Pilih ukuran sesuai keinginan.

Langkah 5 : Save hasil yang sudah diubah ukurannya.

.

Cara Kompres Foto di Hp Android

Mengkompres foto dengan menggunakan smartphone atau HP android terdapat banyak cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi resize yang banyak tersedia di Google Play Store Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengecilkan ukuran foto adalah Photo Compress & Resize yang dikembangkan oleh Lit Photo.

Cara kompres foto dengan aplikasi ini adalah, yang pertama kalian harus download terlebih dahulu aplikasi ini di HP kalian.  Lalu untuk langkah selanjutnya pilih foto atau gambar yang ingin kalian rubah ukurannya. Nah disini kalian bisa pilih langsung 100 sekaligus gambar untuk di resize. Lalu klik tanpa centang di pojok kanan atas.

Setelah itu kalian dihadapkan oleh 2 pilihan untuk mengecilkan ukuran foto dengan kualitasnya atau ukurannya. Kalian bisa menggeser slider yang ada untuk menentukan ukuran yang kalian inginkan dari kualitas maupun ukurannya.

Jika sudah, klik Start Compressing Dan tunggu beberapa saat, maka foto yang telah dikompres akan tersedia di folder LitPhoto secara otomatis di Galeri HP kalian.

Untuk ilustrasi gambarnya, seperti berikut

Langkah 1 : Buka aplikasi Photo Compress & Resize, lalu pilih gambar yang ingin diubah ukurannya.

Langkah 2 : Pilih resize berdasarkan kualitas atau ukuran

Dan hasilnya sudah tersimpan tersendiri di dalam HP kalian.

Nah seperti itu cara mengkompres foto di PC maupun HP kalian. Bagaimana, sudah tidak khawatir bukan untuk menyimpan banyak foto kalian. Pastinya tidak dong.

Dari ketiga cara diatas, cara mana yang ingin kalian coba? Tulis di kolom komentar yaa.. Selamat mencoba..

Cara Login WIFI ID

Bingung cara akses @Wifi.ID? Klik di sini! Kami akan tunjukan Cara Login WIFI ID di Perangkat Laptop dan Smartphone.

Selengkapnya

Cara Logout WIFI ID

Mengalami kendala saat logout dari WIFI ID? Klik di sini! Kami akan berikan 4 Cara Logout WIFI ID di Smartphone dan Laptop.

Selengkapnya

Apa Itu NFC?

Belum banyak yang tahu apa itu NFC, dan artikel ini menjelaskan secara rinci mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara menggunakan NFC.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar