Cara Backup dan Restore WhatsApp via Google Drive
Tutorial

Cara Backup dan Restore WhatsApp via Google Drive

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di dunia saat ini. Mengutip laporan Facebook pada tahun 2019, ada 2,2 miliar pengguna harian WhatsApp.

Popularitas aplikasi ini merupakan hal yang wajar, pasalnya dengan WhatsApp ini kamu tidak hanya dapat mengirimkan dan menerima pesan teks. Melainkan juga dapat mengirimkan file foto, video, audio, dokumen, kontak telepon, hingga lokasi peta. Bahkan, kamu juga dapat melakukan panggilan telepon dan video melalui aplikasi ini.

Mengingat kamu bisa mengirimkan dan menerima pesan hingga file multimedia dengan aplikasi ini, kamu sangat disarankan untuk rutin melakukan backup history chat dan file-file media WhatsApp. 

Rutin melakukan backup WhatsApp akan membantu kamu, apabila sewaktu-waktu smartphone mengalami masalah dan mengharuskan menginstall ulang aplikasi WhatsApp, kamu tetap dapat mengembalikan history chat dan media WhatsApp. Selain itu, hal ini juga akan memudahkan kamu saat mengganti smartphone.

Bagi pengguna Android, fitur backup WhatsApp memerlukan dukungan Google Drive, untuk itu kamu harus memiliki akun Google yang terhubung dengan smartphone, juga memori internal yang cukup untuk melakukan backup serta koneksi internet yang stabil.

Lantas, bagaimana cara melakukan backup dan restore WhatsApp untuk kemudian disimpan di Google Drive? Dalam artikel ini, kami akan menunjukan bagaimana caranya.

Simak panduannya berikut ini.

Cara Backup dan Restore WhatsApp

Cara melakukan backup WhatsApp di Google Drive dapat dilakukan dengan mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Akses laman Settings dengan menekan logo Titik Tiga di sebelah kanan atas.
  3. Pilih Settings —> Chats —> Chat Backup.
  4. Klik “Back up to Google Drive” untuk frekuensi backup ke Google Drive, kami sendiri memilih backup setiap satu bulan sekali dalam tutorial ini.
  5. Klik “Google Account” untuk menambahkan akun tempat penyimpanan file backup.
  6. Klik “Back up over” untuk memilih jaringan saat melakukan backup, kamu dapat memilih hanya melakukan backup pada jaringan WIFI atau dapat juga menggunakan jaringan GSM.
  7. Kamu juga dapat menyertakan backup file video dengan mengaktifkannya melakukan Toggle pada bagian bawah. 
  8. Klik “Back Up” untuk mulai melakukan Backup history chat dan media WhatsApp.

Sekarang kamu telah selesai melakukan backup WhatsApp, dan dapat melakukan restore history chat WhatsApp kapanpun kamu melakukan install ulang aplikasi WhatsApp atau saat mengganti smartphone. 

Lalu, bagaimana cara melakukan restore WhatsApp menggunakan Google Drive? Untuk melakukan hal ini pun cukup mudah, kamu membutuhkan nomor seluler dan akun Google yang sama tempat kalian menempatkan file backup. 

Simak cara restore WhatsApp di bawah ini

  1. Install Aplikasi WhatsApp. Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Agree and Continue.
  3. Masukan nomor seluler lalu klik verifikasi, kemudian klik Next.
  4. Klik Ok, kemudian pilih Continue.
  5. Klik Restore ketika muncul notifikasi untuk merestore history chat dan media dari Google Drive.
  6. Setelah itu, data chat dan media WhatsApp satu-persatu akan direstore. Proses ini akan memakan waktu. yang cukup lama, tergantung dari besaran data dan kecepatan internet kamu.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Jika kamu memiliki kesulitan dalam mengikuti cara backup dan restore WhatsApp di atas, silahkan ajukan melalui kolom komentar.

Gladie Anggriawan

Co-Founder & Business Development Manager PIWIQ.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *