Cara Aktivasi Windows 10 (Pro & Home) Secara Permanen
Tutorial

Cara Aktivasi Windows 10 (Pro & Home) Secara Permanen

Sebagai sistem operasi berbayar, hal pertama yang harus dilakukan setelah melakukan install ulang Windows 10 di komputer maupun laptop adalah melakukan aktivasi. Karena jika tidak segera di aktivasi, maka akan ada beberapa fitur yang dibatasi penggunaannya setelah ‘masa percobaan’ selesai (30 hari sejak di install).

Nah pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan tutorial untuk melakukan aktivasi Windows 10 dengan menggunakan lisensi digital. Namun sebelum lanjut ke tutorial, kami ingin membahas apa saja kekurangan Windows 10 jika dalam kondisi tidak teraktivasi.

Kekurangan Windows 10 yang Tidak Teraktivasi

Pada dasarnya tidak ada fitur ‘penting’ yang hilang dan mengganggu kinerja Windows 10 yang tidak teraktivasi. Kekurangan Windows 10 yang tidak teraktivasi hanya terletak pada:

  • Akan muncul watermark bertuliskan this copy of Windows is not genuine pada bagian pojok kanan bawah layar.
  • Tidak dapat mengubah personalize pada Settings Windows 10. Dengan kata lain Anda tidak dapat merubah tema, Wallpaper, lockscreen, dsb. Layar dekstop Anda hanya akan berwarna hitam tanpa Wallpaper.

Sudah cukup jelas dengan kekurangan Windows 10 yang tidak teraktivasi yang telah kami jelaskan di atas? Mari kita lanjut ke tutorial selengkapnya.

Cara Aktivasi Windows 10 (Pro & Home) Secara Permanen

1. Siapkan Lisensi

Tahap pertama, silakan persiapkan lisensi Windows 10 Anda terlebih dahulu. Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan lisensi resmi, salah satu cara mudah dan murah adalah dengan membeli lisensi jenis retail.

Untuk lisensi Windows 10 jenis retail umumnya bisa ditemukan dengan mudah melalui marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee dengan kisaran harga 100 ribu hingga 300 ribu.

Untuk menjamin keaslian lisensi yang Anda beli, sebaiknya Anda membeli lisensi Windows 10 dari penjual yang menawarkan lisensi berjenis COA (Certificate Of Authenticity). Umumnya lisensi berjenis COA ini dijual dengan paket DVD Box.

Kelebihan lisensi COA sendiri adalah dapat digunakan berulang-ulang untuk komputer atau laptop yang sama. Dengan begitu Anda tidak perlu membeli lisensi lagi jika suatu saat berencana melakukan install ulang Windows 10 di komputer atau laptop Anda.

Sebagai catatan: Pastikan Anda membeli lisensi yang sesuai jenis Windows 10 yang terinstal di perangkat komputer Anda.

Jika Anda bingung memilih antara versi Pro atau Home, silakan sebelumnya baca artikel kami soal perbedaan Windows 10 Pro dan Home.

2. Hubungkan Komputer ke Internet

Proses aktivasi Windows 10 membutuhkan koneksi internet untuk memvalidasi keaslian lisensi. Oleh sebab itu pastikan komputer atau laptop Anda terhubung ke jaringan internet yang cukup stabil agar proses aktivasi bisa berjalan dengan lancar.

3. Buka Menu Update & Security

Langkah selanjutnya, silakan buka menu update & security di komputer atau laptop Anda. Caranya dengan cara klik tombol yang berlogo Windows dibagian sisi kiri layar ataupun di menu dalam keyboard Anda.

Gambar Cara Aktivasi Windows 10 (Pro & Home) Secara Permanen Oleh Piwiq.com

Masih di jendela Windows kemudian, masuk kebagian menu Settings.

Gambar Cara Aktivasi Windows 10 (Pro & Home) Secara Permanen Oleh Piwiq.com

Ketika sudah dalam menu Settings, selanjutnya pilih Update & Security.

Gambar Cara Aktivasi Windows 10 (Pro & Home) Secara Permanen Oleh Piwiq.com

4. Buka Menu Activation

Setelah masuk ke menu Update & Security, langkah selanjutnya silakna pilih bagian menu Activation.

Gambar Cara Aktivasi Windows 10 (Pro & Home) Secara Permanen Oleh Piwiq.com

Anda akan melihat versi Windows yang terinstall saat ini (contoh: Windows 10 Pro), dibawahnya ada tulisan Change Product Key kemudian klik bagian tersebut.

Gambar Cara Aktivasi Windows 10 (Pro & Home) Secara Permanen Oleh Piwiq.com

5. Masukkan Lisensi

Copy & Paste product key atau lisensi yang sudah Anda siapkan ke bagian yang kolom yang telah disediakan seperti pada gambar dibawah ini. Jika sudah, silakan lanjutkan proses dengan cara klik Next.

Gambar Cara Aktivasi Windows 10 (Pro & Home) Secara Permanen Oleh Piwiq.com

6. Proses Validasi Lisensi

Tunggu beberapa saat dan pastikan Anda terhubung ke internet untuk proses validasinya hingga muncul tulisan Windows is activated seperti gambar di bawah.

Gambar Cara Aktivasi Windows 10 (Pro & Home) Secara Permanen Oleh Piwiq.com

Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Kalau sekiranya Anda mengalami kesulitan, Anda bisa menyampaikan pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah.

Catur Ariadi

Content Manager at Piwiq. Coffee and Techno Enthusiast.

6 Komentar Untuk Cara Aktivasi Windows 10

  1. Halo om, di laptop saya sudah terinstall windows 10 pro, apakah bisa di aktivasi dengan lisensi windows 10 home jenis lisensi OEM?

    1. Bisa dicoba dulu aja om.

      Tapi sepemahaman kami, proses upgrade (dari home ke pro) bisa dilakukan, tapi untuk proses downgrade dari pro ke home, bisa namun sedikit rumit. Terlebih dahulu harus melakukan perubahan pada registry (selengkapnya bisa di baca di: https://answers.microsoft.com/en-us/windows/forum/windows_10-windows_install/downgrade-from-windows-10-pro-to-home/345f5464-cb7a-44b3-8856-237cbec072c8).

      Cara lain yg bisa dilakukan adalah melakukan install ulang Windows 10-nya dan ganti jadi Windows 10 home. Baru nantinya lisensinya bisa digunakan untuk aktivasi.

  2. Mau tanya bang. Saya punya laptop asus bawaan windows home ori. Kalau misalkan saya install ulang atau saya replace disk C nya dengan linux, apakah lisensi windows saya hilang?
    Makasih sebelumnya hehe

    1. Lisensinya bisa di backup dulu bang, nantinya lisensi tersebut bisa digunakan lagi (di laptop yang sama) kalau laptop di install ulang.

  3. Succesfully gan , namun apakah copy windows 10 pro ini yang telah diaktifasi dan sudah memasukkan serial number product key nya akan menjadikannya permanen ..? karena product key tersebut hanya saya dapat secara gratis ngambil dari browsing di internet , terimakasih sebelumnya gan

    1. Kalau kondisinya demikian, gak bisa menjamin bisa permanen gan, alangkah baiknya sediakan product key tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *