Aplikasi Perekam Layar PC dan Laptop

Bingung mencari screen record layar PC/Laptop terbaik? Berikut kami berikan beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar PC/Laptop ringan yang bisa kamu coba.

PC/Laptop merupakan perangkat yang sangat membantu kegiatan kita dalam sehari-hari. Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang dimilikinya menjadikan perangkat yang satu ini banyak digunakan semua kalangan.

Di era teknologi yang semakin maju saat ini aplikasi perekam layar semakin banyak digunakan, mulai dari membuat video tutorial atau untuk merekam ketika bermain game lalu di unggah ke YouTube. Proses perekaman layar ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi khusus untuk membuat rekaman dari layar PC/Laptop, dengan menggunakan aplikasi Perekam Layar PC/Laptop ini akan menghasilkan video tanpa harus menggunakan kamera lain.

Lalu apa saja aplikasi Perekam Layar PC/Laptop Terbaik yang bisa digunakan? Pada ulasan kali ini kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi perekam layar PC/Laptop yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan hasil rekaman yang berkualitas.

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC/Laptop

1. Camstudio

Campstudio merupakan aplikasi perekam layar PC/Laptop yang bersifat open source. Aplikasi yang satu ini dapat merekam seluruh bagian layar dan aktivitas audio. Selain itu, aplikasi Camstudio juga memiliki fitur yang dapat memudahkan para penggunanya untuk menambahkan teks berkualitas tinggi ke semua video yang direkam.

Selain memiliki kelebihan dalam hal teknis videonya, Camstudio juga memanjakan para penggunanya berupa fitur ¬codec lossless, yakni mampu menghasilkan video berkualitas tinggi dengan ukuran file yang lebih kecil. Menariknya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk dapat merasakan segala fitur canggih yang ada di Campstudio.  Anda bisa langsung mengunduhnya di website resminya camstudio.org.

2. ShareX

Aplikasi perekam layar yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah ShareX. Aplikasi perekam layar yang satu ini hanya bisa digunakan untuk Laptop yang menjalankan OS Windows 7, 8.1, dan 10 saja. Selain bisa di nikmati secara gratis, aplikasi ini juga bersifat open source, tanpa iklan, dan cukup ringan untuk digunakan yang mempunyai Laptop dengan spek rendah.

Menariknya ShareX dapat merekam sebagian atau keseluruhan layar dan juga dapat merekam layar dengan bentuk persegi panjang, elips, atau dengan tangan bebas. Selain itu, ShareX juga memiliki fitur untuk menambahkan efek gambar atau watermark didalam rekaman video. Aplikasi ini juga mempermudah para penggunanya untuk membagikan hasil rekaman ke Laptop lain, yakni dengan metode drag and drop.

Untuk bisa merasakan aplikasi yang terbilang cukup ringan ini, Anda bisa mendownloadnya secara langsung di situs resminya getsharex.com.

3. Bandicam

Aplikasi perekam layar PC/Laptop selanjutnya adalah Bandicam, aplikasi Bandicam hanya tersedia untuk perangkat Windows saja. Menariknya Bandicam terkenal dapat memberikan hasil rekaman berkualitas tinggi. Setelah melakukan perekaman, Anda bisa menyimpan hasil rekaman sebagai file video dengan format AVI atau MP4.

Selain itu, Bandicam juga memiliki kemampuan untuk memilih dan merekam area tertentu atau keseluruhan layar PC/Laptop, menggambar pada video ketika sedang melakukan perekaman, dan menambahkan overlay webcam ke video dimana, dan Anda juga bisa merekam diri sendiri saat layar direkam.

Bandicam juga mempunyai fitur tambahan yang memiliki kemampuan untuk mencampur audio Anda sendiri kedalam rekaman layar, menambahkan logo pada video, menambahkan berbagaim macam efek animasi ketika perekaman sedang berlangsung. Dan aplikasi Bandicam juga memungkinkan para penggunanya untuk merekam game.

Terdapat dua versi yang ditawarkan oleh Bandicam, yakni registered dan unregistered. Untuk versi registered tentu saja mempunyai fitur fitur yang lebih lengkap, tidak adanya batas waktu perekaman, dan tidak ada watermark pada hasil rekaman videonya. Jika tertarik untuk menggunakannya, Anda bisa langsung mendownloadnya di website resminya bandicam.com.

4. Videoproc

Aplikasi perekam layar selanjutnya adalah Videoproc, aplikasi ini akan memudahkan para penggunanya untuk bisa melakukan perekaman layar pada Windows atau Mac tanpa adanya batasan durasi video. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk keperluan live streaming, panggilan skype, konten video YouTube, webinar, dan masih banyak yang lainnya.

Aplikasi ini juga dapat memberi hasil rekaman yang cukup bagus dengan penggunaan CPU yang rendah berkat adanya teknologi akselerasi perangkat keras GPU. Selain itu, Anda juga dapat dengan bebas menentukan area yang ingin direkam, apakah keseluruhan layar atau hanya di area tertentu saja. Menariknya aplikasi ini masih memiliki banyak fitur premium yang disediakan secara gratis oleh videoproc.

Seperti fitur green screen yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan background dan menggantinya sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga dapat melakukan editing pada hasil rekaman layar seperti menambahkan catatan, efek audio dan visual, subtitle. Untuk bisa menikmati fitur yang dimiliki videoproc, silahkan langsung Download di website resminya videoproc.com.

5. Camtasia

Jika Anda membutuhkan aplikasi perekam layar untuk keperluan meeting maupun presentasi, Camstasia bisa menjadi salah satu aplikasi pilihan untuk Anda. Aplikasi yang satu ini fitur yang cukup lengkap dengan penggunaanya yang cukup friendly membuat siapapun dapat dengan mudah menggunakan aplikasi Camstasia.

Fitur-fitur canggih yang biasanya terdapat pada aplikasi perekam layar juga ada disini, seperti green screen, penambahan closed caption atau subtitle, menghilangkan background noise pada audio, dukungan integrasi dengan microsoft power point, dan masih fitur-fitur keren lainnya. Untuk membuat rekaman video yang variatif, tersedia juga banyak template dan preset yang bisa kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, pengeditan video antarmuka juga menggunakan sistem drag and drop. Sehingga akan memudahkan para penggunanya untuk melakukan editing video tanpa adanya hambatan teknis. Anda juga bisa menambahkan variasi efek seperti panah, highlight, bahkan Anda juga bisa memberikan emphasis pada cursor supaya penonton dapat lebih mudah dan memahami arahan dari video yang Anda buat.

Untuk bisa menikmati segala fitur canggih yang dimiliki Camtasia, Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari $169 per tahun atau setara dengan Rp 2,4 juta (education package). Tapi jangan khawatir karena aplikasi ini juga menyediakan program free trial.

Nah, itulah ulasan tentang aplikasi perekam layar PC/Laptop yang bisa Anda gunakan secara gratis. Dengan menggunakan salah satu aplikasi diatas cara merekam layar PC/Laptop akan menjadi lebih gampang.

YOWhatsApp

Download YOWhatsApp (YOWA) APK versi terbaru v8.86 dan nikmati beragam fitur menarik yang tidak terdapat di aplikasi WhatsApp versi original.

Selengkapnya

RA WhatsApp

Download RA WhatsApp iOS APK versi terbaru v8.70 dan nikmati beragam fitur menarik yang tidak terdapat di aplikasi WhatsApp versi original.

Selengkapnya

WhatsApp Aero

Download WhatsApp Aero APK versi terbaru v8.86 dan nikmati beragam fitur menarik yang tidak terdapat di aplikasi WhatsApp versi original.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar