Apa Itu NFC?

Belum banyak yang tahu apa itu NFC, dan artikel ini menjelaskan secara rinci mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara menggunakan NFC.

Menurut beberapa referensi, Near Field Communication (NFC) merupakan sebuah teknologi komunikasi yang bekerja dengan cara menggunakan induksi magnet yang memiliki basis teknologi Radio Frequency Identification (RFID). 

Sebenarnya teknologi NFC ini bisa dibilang bukan teknologi baru, karena sudah diperkenalkan sejak tahun 2002. Lebih tepatnya melalui forum NFC yang diadakan bersama dengan Nokia, yang waktu itu diklaim memiliki lebih dari 150 anggota dan para peneliti yang terlibat di beberapa perusahaan dan teknologi.

Sejak diperkenalkan di forum tersebut, NFC kemudian juga dikenal sebagai teknologi generasi kedua dari RFID. Mungkin kita masih belum punya gambaran jelas mengenai apa itu NFC sebelum membandingkan dengan teknologi sejenis, seperti infrared, bluetooth, dan lain sebagainya.

Nah, untuk lebih memudahkan dalam memahami NFC, kami akan coba jabarkan melalui penjelasan di bawah ini.

Apa Itu NFC? 

Para pengguna handphone lawas tentu masih ingat dengan teknologi infrared, atau bluetooth yang sering dipakai untuk transfer data atau file dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Dengan menyalakan infrared atau bluetooth di kedua perangkat kemudian dua perangkat tersebut didekatkan, maka proses transfer file tersebut bisa dilakukan.

Zaman sekarang mungkin infrared dan bluetooth sudah jarang digunakan ya? Karena sebagian besar transfer file lebih sering dilakukan dengan menggunakan aplikasi tertentu. Tentu juga saat ini sudah semakin banyak perangkat yang memiliki fitur canggih. 

Bahkan sekarang metode transfer uang atau pembayaran pun mulai memanfaatkan teknologi. Bukan cuma menggunakan mata uang fisik yang pada umumnya digunakan dalam proses jual beli, melainkan dengan mata uang elektronik yang setiap saat bisa dipakai untuk transaksi menggunakan teknologi NFC.

Fungsi dan Kegunaan NFC

Setelah mengerti tentang apa itu Near Field Communication (NFC) mari mengulas apa Fungsi dari NFC tersebut, fungsi dari NFC adalah mengirim dan menukar informasi tanpa harus menggunakan kabel asalkan kedua perangkat tersebut masih dalam jangkauan NFC itu sendiri kisaran jarak 10 cm.

Dengan NFC, Anda juga bisa berbagi foto, kontak, video dan berkas. Bahkan yang lebih menariknya kegunaan NFC sekarang bisa kita gunakan dalam bermain game dalam mode multiplayer. Selain itu, Anda juga bisa melakukan transaksi pembelian tanpa tunai.Kecepatan transfer yang dapat dilakukan dengan fitur NFC beragam antara 106 kbit/s, 212 kbit/s dan 424 kbit/s.

Berikut merupakan fungsi NFC yang dapat Anda manfaatkan:

  1. Melakukan pembayaran Cashless
  2. Memberikan Informasi Smart Card
  3. NFC Tag
  4. Menyambungkan Handphone Dengan Wireless Router, Headset dan Speaker
  5. Menandai Lokasi Suatu Tempat
  6. Melakukan Transfer File

Cara Menggunakan NFC

Setelah mengetahui apa itu NFC dan juga fungsinya, berikutnya kami akan membahas bagaimana cara menggunakan fitur. Dengan mengetahui cara mengaktifkan dan menggunakan fitur NFC, para pengguna fitur NFC akan dapat memaksimalkan fitur canggih ini. 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah cek di Setting > Wireless & Networks, jika perangkat kompatibel dengan fitur NFC maka akan muncul opsi NFC. Dalam penggunaanya juga sangat mudah, Anda cukup menempelkan bagian belakang Hp Anda dengan perangkat tertentu yang memiliki fitur serupa.

kelebihan dan Kekurangan NFC

Dengan adanya fitur NFC tersebut pengguna dapat lebih mudah, aman dan singkat dalam melakukan transaksi elektronik. Dengan fitur NFC juga dapat mengurangi biaya produksi kertas dan mengurangi sampah kertas. Kelebihan NFC yang lainnya adalah  tidak membutuhkan daya yang besar dalam penggunaan-nya. Selain itu, NFC juga dapat melakukan pengiriman data dalam hitungan detik.

Sementara untuk kekurangan dari fitur NFC, jika dibandingkan dengan Bluetooth kecepatan transfernya lebih lambat walaupun NFC adalah fitur yang terbilang lebih canggih. Kekurangan NFC yang lainnya adalah tidak semua perangkat kompatibel dengan fitur NFC dibandingkan dengan Bluetooth yang ada di semua perangkat.

Setelah Anda membaca keterangan di atas, tentu saja Anda sudah mendapat gambaran jelas tentang apa itu NFC dan kelebihan Smartphone yang memiliki fitur NFC. NFC memang fitur yang menarik bagi banyak orang, apalagi dengan fungsi – fungsinya yang beragam.

Sayangnya, tidak semua Smartphone memiliki fitur ini. Hanya Smartphone dengan merk dan tipe tertentu saja yang memiliki fitur ini. Oleh karena itu, pastikan Anda mencari tahu dulu apakah Smartphone Anda atau Smartphone yang akan Anda beli memiliki fitur NFC.

Tinggalkan komentar